Pengertian Etika Profesi Pada Bidang TI

Pengertian Etika Profesi Pada Bidang TI – Pada artikel kali ini aku akan menjelaskan pengertian etika profesi, Etika Profesi merupakan gabungan dari 2 kosa kata yaitu Etika dan Profesi, Etika sendiri merupakan kosa kata bahasa yunani yaitu “Ethos” yang berarti adat kebiasaan ataupun watak kesusilaan dari seseorang, etika sendiri berkaitan erat dengan kebiasaan seseorang dalam bertindak dan juga moral dari Tindakan tersebut.

Menurut Wikipedia Penilaian terhadap etika sendiri terdiri atas 4 cabang yaitu:

  • Etika Deskriptif : Etika deskriptif merupakan penilaian terhadap etika seseorang tampa memberikan penilaian terhadap objek yang diamati
  • Etika Normatif : Etika Normatif merupakan penilaian terhadap suatu perilaku seseorang dan menempatkannya kedalam baik atau buruknya prilaku tersebut
  • Etika Individual : Etika Individual memperhatikan manusia itu sebagai objectnya, ini biasannya digunakan untuk menentukan tujuan hidup
  • Etika Sosial : Etika Sosial membicarakan tingkah laku seorang individu didalam masyarakat.

Sedangkan profesi sendiri merupakan suatu pekerjaan atau jabatan tertentu yang menuntut keahlian dalam bidang pekerjaanya, tidak semua pekerjaan dapat dikelompokkan kedalam yang namanya profesi, ini dikarenakan profesi sendiri menuntut keahlian seorang individu dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang dihadapinya, oleh sebab itu seseorang haruslah belajar ataupun berlatih untuk mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk “profesi” tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Cybercrime? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dengan deemikian kita dapat menyimpulkan bahwa etika profesi itu adalah sikap dalam memberikan suatu pelayanan secara professional secara penuh kepada masyarakat dalam hal keahlian dan ketertiban sebagai rangka melaksanakan tugas atau pekerjaan yang merupakan kewajiban individu tersebut.

Etika Profesi Pada Bidang ICT

  1. Seorang Pekerja pada bidang Teknologi Informasi haruslah menjaga kerahasiaan dari setiap project ataupun kegiatan yang menyangkut perusahaan di tempat dia berkerja
  2. Seorang yang berkerja pada bidang Teknologi Informasi haruslah menggunakan suatu program ataupun media yang tidak melanggar hak cipta dari pembuat program itu sendiri.
  3. Haruslah memiliki tanggung jawab dan rasa berkerja sama dalam tim.
  4. Seorang yang berkerja pada bidang ICT tidaklah boleh membuat program semaunya, haruslah membuat program yang sesuai dengan kebutuhan prusahaan ataupun client.
  5. Tidak membuat program ataupun system yang melanggar hukum.
Baca Juga:  4 Emulator Android Terbaik Tahun 2020

Kendala Penerapan Etika Profesi ICT

  1. Sulitnya menjaga kerahasiaan di-era teknologi informasi yang maju ini, ini dikarenakan setiap orang dengan leluasa bisa memberikan suatu rahasia perusahaan ataupun client kepada orang lain, ini dapat berupa maksud untuk menjatuhkan perusahaan tersebut ataupun menjual rahasia tersebut untuk mendapatkan uang.
  2. Dalam penggunaan program yang tidak melanggar hak cipta, seseorang haruslah menyewa ataupun membeli program tersebut, ini dapat memberatkan masyarakat dikarenakan perekonomian dan harga dari program yang termasuk mahal dimata masyarakat, sehingga masyarakat Indonesia masih enggan menggunakan program asli dalam kegiatannya.
  3. Bagi beberapa orang membuat dan mendistribusikan program yang melanggar hukum merupakan suatu tempat mencari uang ataupun tempat ajang menunjukkan keahlian yang dimiliki.

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer Lengkap!

Solusi Kendala Penerapan Etika Profesi ICT

  1. Membuat kontrak dalam penjagaan kerahasiaan apabila kita memiliki perusahaan ataupun sebagai client yang membutuhkan keahlian seorang pekerja pada bidang IT
  2. Menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada diri kita sendiri bahwa sebagai seorang professional yang berkerja pada bidang TI memiliki tanggung jawab untuk tidak membuat ataupun mendistribusikan program yang bersifat melanggar hukum.
  3. Memberikan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pembajakan dan penggunakan program yang bersifat illegal dan melanggar hak cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *