Ini Nih Perbedaan RAM DDR, DDR2, DDR3, Dan DDR4

Ini Nih Perbedaan RAM DDR, DDR2, DDR3, DDR4 Yang Harus Kamu Ketahui -Random Access Memory atau yang biasa kita sebut dengan RAM merupakan salah satu komponen inti dari sebuah perangkat komputer, RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan memory sementara, informasi dari program-program yang sedang berjalan akan disimpan sementara waktu di RAM yang kemudian akan diteruskan ke CPU, di CPU inilah program tersebut akan diproses.

Terdapat berbagai jenis ram yang dijual di pasaran, tapi sekarang aku akan menjelaskan apa saja perbedaan ram DDR, DDR2, DDR3 dan DDR4.

DDR sendiri berarti Double Data Rate,  ini artinya suatu RAM dapat mentransfer data 2 kali dalam satu siklus, seperti yang kita tau kalau data pada komputer itu terdiri dari 1(on) dan 0(off)  dan DDR tersebut dapat mengirim 2 sinyal ini dalam 1 siklus

DDR

Generasi pertam adari ran time DDR, ram DDR ini merupakan pengganti dari tipe tam SDR ram, dan ram dengan tipe DDR sendiri merupakan identitas dari suatu komputer yang dibuat pada tahun 2002-an.

pada masa awal-awal DDR ini ram memiliki 184 pin dan juga membutuhkan daya listrik yang tinggi, RAM tipe ini dikembangkan oleh JEDEC pada tahun 2000, ram tipe ini memiliki bus frequency 133-200 MHz, dan maksimum transfer ratenya pada kisaran 2.1-3.2 GB/s dan membutuhkan daya sebesar kurang lebih 2.5/2.6 V.

Baca Juga: Ini Nih 6 Cara Meningkatkan Performa Windows 10 Dalam Gaming

DDR2

Generasi kedua dari DDR RAM adalah DDR2 RAM, ram ini juga dikembangkan oleh JEDEC dan diluncurkan pada tahun 2003, ram ini memiliki banyak variasi dan menawarkan performa yang lebih baik dari pendahulunya yaitu ram DDR, ram ini sendiri juga membutuhkan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan pendahulunya.

Baca Juga:  Pengertian Etika Profesi Pada Bidang TI

RAM DDR2 sendiri memiliki 183 pin yang terhubung ke motherboard dan memiliki bus clock sebesar 266-400 MHz, dan transfer ratenya sebesar 4.2-6.4 GB/s dan membutuhkan daya untuk menjalankannya sebesar 1.8 V atau bisa dibilang 0.8 V lebih kecil dari RAM DDR.

DDR3

Setelah sukses dengan DDR2 RAM nya, JEDEC meluncurkan RAM DDR3 pada tahun 2007, ram ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari ram DDR2 yang sebelumnya memakai 183 pin kini memakai 200 pin, dengan pemakaian daya yang lebih sedikit RAM DDR3 menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan RAM DDR2.

RAM DDR3 sendiri memiliki bus clock sebesar 533-800 MHz dan transfer rate sebesar 8.5-14.9 GB/s, semua kecepatan ini termasuk cepat jika dibandingkan dengan pemakaian daya yang hanya 1.5 V saja.

DDR4

DDR4 merupakan teknologi RAM terbaru yang dipakai sekarang ini, RAM DDR4 di luncurkan oleh JEDEC pada tahun 2012, ram ini masih menjadi standar pemakaian ram sampai sekarang, ram DDR4 sendiri memakai 288 pin dan juga memiliki transfer rate 2X lebih cepat dibandingkan dengan RAM DDR3.

RAM DDR4 memiliki bus clock sebesar 1066-1600 MHz dan juga memiliki transfer rate sebesar 17-21.3 GB/s, pemakaian daya juga lebih kecil dibandingkan dengan ram DDR3, yakni hanya sebesar 1.2V saja.

Apabila kamu ingin mengganti ram, sebaiknya lihat dulu spesifikasi motherboard yang kamu pakau, apakah itu untuk ram DDR, DDR2, DDR3 ataupun DDR4, tapi kemungkinan besar untuk ram-ram sekarang sudah memakai DDR3/DDR4 sedangkan ram DDR2 biasannya untuk komputer-komputer lama, dan ada juga ram seperti DDR3L yang hanya membutuhkan pemakaian daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan ram DDR3 biasa, maka sebaiknya pelajari spesifikasi komputer dulu sebelum membeli RAM ya.

Baca Juga:  7 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Kita