Desktop Computer VS Laptop, Mana Yang Lebih Baik?

Desktop Computer VS Laptop, Mana Yang Lebih Baik? – Desktop Computer VS Laptop merupakan suatu dilema ketika seseorang ingin membeli sebuah komputer, ini dikarenakan masing-masing kubu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Desktop Computer merupakan suatu unit komputer yang dipergunakan oleh khalayak umum yang tidak bisa dibawa kemana-mana, desktop komputers biasannya kita temukan pada rumah-rumah dan juga warnet-warnet, desktop computer sendiri memiliki beberapa komponen, seperti CPU, Monitor, dan perangkat-perangkat lain seperti mouse dan juga keyboard yang artinya komponen-komponen tersebut terpisah-pisah dan dihubungkan dengan kabel connector.

Laptop atau yang biasa orang sebut dengan Komputer Jinjing adalah sebuah unit komputer portable yang bisa kita bawa kemana-mana, berbeda dengan Desktop Computer, laptop tidak memerlukan sumber daya ke listrik secara langsung, ini dikarenakan laptop sendiri memiliki sumber daya yang bisa diisi ulang melalui batrainya, laptop juga memiliki layar, keyboard, dan mouse yang terhubung langsung dalam perangkatnya.

dari penjelasan singkat tadi kini aku akan menjelaskan Desktop Computer VS Laptop, Mana Yang Lebih Baik? dari beberapa faktor.

  • Portabilitas

faktor yang pertama adalah portabilitas, untuk faktor yang pertama ini mungkin kemenangan telak buat kubu Laptop, ini dikarenakan Laptop itu kecil dan bisa dibawa-bawa kemana saja, sedangkan kan Desktop Computer tu kan besar, dan perangkatnya harus di rakit jadinnya tidak bisa dibawa kemana-mana.

Lalu dari sumber dayanya juga, seperti yang kita tau kalau Laptop itu memakai batrai dalam menjalankannya, sedangkan Desktop Computer itu memakai aliran listrik langsung dari sumber listrik sehingga tidak bisa dibawa-bawa kemana-mana.

Baca Juga: 5 Fungsi Ram Pada Komputer Yang Perlu Diketahui

  • Sumber Daya

Sumber Daya utama yang digunakan oleh Desktop Computer adalah aliran listrik langsung dari sumbernya, ini membuat Desktop Computer lemah terhadap yang namanya pemutusan sumber daya secara tiba-tiba, bayangkan aja ketika kita sedang mengerjakan tugas/pekerjaan, atau ketika kita sedang asyik bermain game, tiba-tiba mati lampu, Desktop Computer akan langsung mati dan kita tidak bisa melanjutkan pekerjaan kita.

Baca Juga:  Apa Itu Cybercrime? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Laptop dengan sumber daya batrainya memiliki kelebihan terhadap pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba, ini karena ketika mati lampu, laptop akan mengganti sumber dayanya menjadi batrai, sehingga kita masih bisa meneruskan kegiatan kita hingga selesai.

  • Spesifikasi

Laptop memiliki spesifikasi yang memiliki standart laptop, ini dikarenakan produsen laptop memikirkan pemakaian daya batrai, besar komponen yang bisa masuk kedalam body laptop yang kecil, dan juga panas yang dihasilkan oleh laptop tersebut, walaupun laptop tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan sebuah Desktop Computer, tapi output yang keluar dari komponen tersebut belum tentu sama dengan yang dimiliki sebuah Desktop Computer.

Sedangkan dari kubu Desktop Computer sendiri memiliki spesifikasi perangkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan Laptop, ini dikarenakan Desktop Computer memiliki daya yang lebih tinggi, tempat pemasangan komponen yang luas, dan tidak adanya kekhawatiran panas yang akan mengganggu pengguna komputer tersebut secara langsung.

  • Upgrade

Ketika komponen yang kita pakai sudah ketinggalan zaman dan tidak bisa lagi mengerjakan pekerjaan seperti yang kita inginkan, maka kita akan melakukan upgrade pada komponen tersebut, pada Desktop Computer kita bisa melakukan upgrade dengan sangat mudah, ini dikarenakan komponen-komponen desktop yang bersifat bongkar pasang (sesuai spesifikasi) yang artinya kita bisa dengan mudah membeli komponen dan menggantinya dengan komponen lama punya kita, seperti apabila ketika kita ingin menambah RAM atau mengganti VGA Card, serta kita juga bisa mengganti processor sesuai dengan keinginan kita

Pada laptop sendiri memiliki option upgrade yang terbatas, ini dikarenakan komponen tersebut sudah tertanam pada motherboard laptop kita, sehingga beberapa komponen seperti RAM dan Storage saja yang bisa kita tambah ataupun ganti.

Baca Juga:  4 Emulator Android Terbaik Tahun 2020

Baca Juga: 4 Emulator Android Terbaik Tahun 2020

  • Harga

Yang terakhir tapi yang ditunggu-tunggu adalah soal Harga, untuk harga sendiri cukup mengejutkan ternyata harga Desktop Computer lebih murah jika dibandingkan dengan Laptop, ini dikarenakan laptop sendiri telah dibuat oleh produsen dengan membuat komponen yang biasannya terdapat di Desktop menjadi lebih kecil, sehingga harga yang ditawarkan oleh Laptop relatif lebih mahal dibandingkan dengan Desktop Computer.

Demikian sedikit Penjelasan dari Desktop Computer VS Laptop, Mana Yang Lebih Baik?, jika kita inginkan adalah performa dan juga harga yang lebih murah maka kita bisa memilih Desktop Computer sebagai perangkat komputer kita, sedangkan apabila kita lebih butuh perangkat yang ringan dan bisa kita bawa kemana aja, maka Laptop adalah pilihan yang tepat buat kita.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel lain di blog ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *