belajar buat web pakai bootstrap? apasih kelebihannya?

apa itu bootstrap? kenapa bootstrap? mungkin ini yg sering aku tanyain pas pertama kali disuruh buat web pake bootstrap sama dosen, dipikiran aku ya kan ada yang sejenis macam wordpress atau web builder yang sejenisnya gitu, kan lebih praktis, cepet juga, setelah dicoba, ternyata praktis juga untuk membuat website.

untuk pengertian bootstrap sendiri dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Bootstrap_(kerangka_kerja)Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web. Kerangka kerja ini berisi templat desain berbasis HTML dan CSS untuk tipografi, formulir, tombol, navigasi, dan komponen antarmuka lainnya, serta juga ekstensi opsional JavaScript. Tidak seperti kebanyakan kerangka kerja web lainnya, kerangka kerja ini hanya fokus pada pengembangan front-end saja.”

bootsrap sendiri menurut aku memang seru untuk digunakan, terlebih lagi buat kita yang pengen belajar buat web makai html dan css, berikut aku akan memberikan beberapa hal yang aku sukak dari bootstrap

  1. open source –  open source alias “gratis” mungkin jadi alasan buat beberapa orang buat mencobak menggunakan bootstrap ini, siapa jugak yang tidak sukak pas denger kata gratis kan, nahh bootstrap ini gratis kita gunakan, kita hanya perlu mendownload filenya saja di https://getbootstrap.com disana kita tinggal menekan tombol download saja, tidak perlu berurusan dengan yang namanya login ataupun sign in.
  2. Cepat – cepat disini maksudnya dalam membuat websitenya, kenapa cepat? karna bootstap sendiri sudah nyediain banyak library yang berisikan scrip-scrip, tinggal kita pilih dan sesuaiin dengan keinginan kita, mulai dari navigasi, slideshow, sampai card untuk membuat postingan pun ada, selain itu dapat juga kita bisa mengganti-ganti script tersebut.
  3. fleksibel – bootstrap itu fleksibel, ini dikarenakan dalam framework bootstrap kita bisa dengan sesuka hati untuk mengganti, mengedit ataupun menghapus script yang telah disediakan, ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam percobaan terhadap website yang sedang kita buat.
  4. penempatan yang mudah dipahami – penempatan yang mudah dipahami ini maksudnya, penempatan object itu bisa kita pahami dengan mudah, ini karena bootsrap menggunakan sistem grid dalam mengatur tata letak objectnya, suatu layar, bootstap membaginya jadi 12 grid, jadinya kita bisa tau tata letaknya dengan menghitung banyaknya grid dari kanan layar tersebut.
  5. javascript – selain menggunakan html dan css untuk dasar pemrogramannya, framework ini juga bisa ditambahkan javascript didalamnya, ini dapat kita manfaatkan untuk membuat website kita semakin bagus.
  6. bisa dikonversikan – dikonversikan disini makksudnya kita bisa mengconversikan tema bootstap yang kita buat tadi untuk tema-tema seperti tema blogger ataupun wordpress, kita hanya perlu mencari bagaiman cara membuat tema blogger ataupun wordpress diinternet. mungkin untuk cara conversi dari bootstrap ke tema blogger ataupun wordpress akan dibuat di postingan selanjutnya.
Baca Juga:  implementasi Dari Bootstrap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *