6 Faktor Yang Dapat Menyebabkan Otak Kita Terganggu

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron, dengan kompleksnya otak kita, terdapat beberapa hal yang dapat mengganggu ataupun merusak otak kita. di artikel ini aku akan menjelaskan beberapa faktor yang dapat menyebabkan otak kita terganggu ataupun rusak, untuk kalian yang belum membaca artikel tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja otak kita bisa dilihat di 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Kita

  • Tidak Sarapan

Sarapan adalah hal yang sangat diperlukan tubuh untuk memulai hari, sarapan sendiri diperlukan karena tubuh kita memerlukan asupan energi untuk beraktifitas pada hari tersebut.

akan tetapi, bagi beberapa orang, sarapan merupakan hal yang merepotkan ataupun dilewatkan, ini dikarenakan berbagai alasan, ada yang beralasan kalau sarapan itu kalau perut sedang lapar saja, ada juga yang dikarenakan terlambat untuk bangun aluas bangun kesiangan, ada juga yang beralasan karena mereka tidak memiliki waktu untuk sarapan.

berbagai tanggapan diatas termasuk salah dikarenakan jikalau kita tidak sarapan dan membiarkan perut kita dalam keadaan kosong dalam memulai hari maka ini dapat menurunkan kadar gula darah, yang mana otak kita akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dan ini akan berdampak dalam penurunan performa otak kita.

apabila kita kita tidak mempunyai waktu untuk membuat sarapan, maka sebaiknya kita mengisinya dengan sereal, susu, ataupun buah-buahan.

  • Kurangnya Latihan Otak

Latihan otak disini dimaksudkan adalah rangsangan bagi otak kita, bagi kita yang sudah dalam masa modren ini semuanya serba mudah, praktis dan juga cepat. tidak terkecuali bagi otak kita, dengan semua kemudahan ini rangsangan untuk otak kita menjadi lebih sedikit, untuk penjelasannya dapat dilihat pada postingan sebelumnya ya.

Baca Juga:  6 Cara Dapat Uang Dari Internet Terbaru

untuk rangsangan sendiri kita kita haruslah melatih otak kita untuk berfikir, rangsangan untuk otak ini bisa kita dapatkan dengan membaca buku, mendengarkan musik, bermain permainan yang mengasah otak, ini semua dimaksudkan agar otak kita terus aktif.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa SSD Lebih Baik Dari HDD

  • Kurang Tidur

Setelah pemakaian pemikiran kita pada siang hari, maka malam hari adalah saat dimana otak kita untuk beristirahat, tidur adalah cara yang paling tepat buat otak kita untuk beristirahat, waktu tidur sendiri dianjurkan bagi orang dewasa sebanyak 6-8 jam sehari, dan untuk anak-anak waktu tidurnya dianjurkan lebih lama ketimbang orang dewasa.

namun apabila otak kita mengalami kekurangan waktunya dalam beristirahat, maka selsel didalam otak kita akan mengalami masalah, tapi kebanyakan tidur juga tidak baik buat otak ya, ini dikarenakan kebanyakan tidur dapat membuat otak kita malas dan lambat dalam berkerja.

  • Meminum Minuman Keras

Alkohol merupakan racun bagi otak kita, ini dikarenakan minuman keras/alkohol dapat mempengarui kerja otak dan mengurangi kemampuan otak dalam berfikir, seperti yang tertulis didalam artikel yang sebelumnya aku upload, alkohol dapat menyebabkan gangguan neuron yang terdapat pada otak, “alkohol sendiri merupakan racun bagi otak yang artinya dapat menyebabkan kerusakan ataupun membunuh neuron yang terdapat diotak kita”

alkohol juga dapat mempengaruhi tingkah laku kita, ini dikarenakan kemampuan otak yang menurun dikarenakan alkohol dan juga pemrosesan informasi dan tingkah laku yang tidak baik ketika seseorang tersebut berada dalam pengaruh minuman keras.

  • Merokok

Menghisap asap rokok nyatanya juga dapat mempengaruhi kinerja otak kita, orang yang sering merokok memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan otak orang yang tidak merokok, ini dikarenakan rokok tersebut dapat mengecilkan volume otak kita.

Baca Juga:  Pengertian Etika Profesi Pada Bidang TI

merokok sendiri dapat merusak organ lain, seperti paru-paru, dengan paru-paru yang tidak baik berarti pasokan udara yang masuk kedalam otak akan berkurang, ini menyebabkan kinerja otak juga akan berkurang, dan orang-orang yang merokok juga lebih mudah terkena penyakit Alzhemar.

  • Terlalu Banyak Polusi

Otak kita juga merupakan salah satu organ tubuh kita yang memerlukan oksigen untuk berkerja, dengan berkurangnya kadar oksigen di udara, maka terjadi pengurangan kadar oksigen yang terdapat didalam tubuh kita, ini tidak hanya mempengaruhi kinerja otak kita saja, ini juga dapat mempengaruhi kinerja organ-organ tubuh lain.

adapun pengaruh polusi dalam tubuh kita, dikutip dari klikdokter.com menurut UNICEF, paparan dengan polusi berpotensi merusak sawar darah otak yaitu suatu membran tipis yang berfungsi melindungi otak dari berbagai zat beracun. Akibatnya bisa menimbulkan peradangan pada sel saraf. Selain itu, beberapa jenis polutan berukuran sangat kecil, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

demikianlah penjelasan faktor yang dapat menyebabkan otak kita terganggu ataupun rusak, semoga bermanfaat.