5 Alasan Kenapa SSD Lebih Baik Dari HDD

Solid State Disk atau yang lebih kita kenal dengan sebutan SSD merupakan media penyimpanan data yang biasannya lumrah terpasang pada perangkat komputer seperti laptop ataupun PC sekarang ini, akan tetapi dikarenakan harganya yang mahal masih banyak orang yang memasangkan hdd pada perangkat komputernya, padahal ssd sendiri lebih baik dari hdd, kenapa? berikut penjelasannya.

apa sebenarnya SSD itu? ssd yang merupakan singkatan dari solid state disk sendiri menggunakan komponen ic dalam menyimpan data dan informasi di dalamnya, ssd sendiri berbeda dengan hdd, ini dikarenakan dalam menyimpan data hdd menggunakan semacam piringan yang terbuat dari sejenis alumunium, kaca ataupun keramik dalam menyimpan data kita.

Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pengertian tentang SSD dan HDD ini ya..

setelah penjelasan singkat diatas, aku akan memberikan kalian alasan mengapa kalian sebaiknya beralih ke ssd dari hdd jika kalian memiliki dana lebih.

  • Transfer Data Lebih Cepat

Yang pertama adalah karena transfer data pada ssd lebih cepat dibandingkan dengan hdd, ini dikarenakan ssd memakai chp dalam menyimpan dan membaca data didalamnya, berbeda dengan hdd yang harus memakai piringan dalam menyimpan data didalamnya, ssd tidak perlu memutar dan mencari data seperti yang dilakukan pada hadd, sehingga transfer data akan lebih cepat dibandingkan dengan hdd.

Baca Juga: 8 Jenis Website Yang Harus Kamu Ketahui!

kecepatan transfer data yang disungguhkan oleh ssd juga tidak dapat dianggap sepele, sebuah ssd dapat memindahkan data dengan kecepatan 200-500 MB/s, jumlah ini berbanding jauh dengan perangkat hdd yang hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan 50-120 MB/s saja.

  • Lebih Senyap

Lebih senyap disini dikarenakan penggunaan chip sebagai tempat penyimpanan data tadi, ini dikarenakan pada saat penyimpanan dan pembacaan data hdd memerlukan pemutaran piringan agar dapat mencari dan membaca data di dalamnya, pada proses pemutaran piringan inilah biasannya menimbulkan suara yang lumayan keras pada perangkat hdd, sedangkan ssd dengan teknologinya yang menggunakan chip tidak perlu lagi memutar piringan yang menyebabkan pengurangan suara yang lumayan mengganggu pada proses pemasukkan data ataupun mencari data yang terdapat pada penyimpanan tersebut.

  • Lebih Hemat Daya
Baca Juga:  Ini Nih Hukum Yang Mengatur Per-Internetan

Daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah ssd adalah sebesar 2-3 watt, daya ini berbanding jauh dengan media penyimpanan hdd yang memerlukan daya sebesar 7 watt dalam penjalanannya, ini sangat berguna bagi para pengguna perangkat portable seperti laptop dan notebook, ini dikarenakan biasannya laptop dan notebook kita memakai batrai untuk menjalankannya, namanya juga portable, apabila kita menggunakan ssd, kita dapat menghemat pemakaian batrai kita yang mana dapat memperpanjang waktu pemakaian laptop ataupun notebook kita.

  • Waktu Booting Lebih Cepat

Waktu booting ini dipengaruhi oleh kecepatan suatu perangkat penyimpanan data dimana ditempatkan OS didalamnya, dengan kecepatan transfer data yang mencapai angka 200-500 MB/s sebuah ssd hanya membutuhkan waktu sekitar 10-13 detik saja dalam proses bootingnya, ini berbanding terbalik dengan hdd yang memerlukan waktu sekitar 30-40 detik dalam proses bootingnya yang dikarenakan kecepatan transfer datanya yang hanya mencapai batas 50-120 MB/s.

  • Lebih Awet Dan Ringan

ssd lebih awet dibandingkan dengan hdd, ini dikarenakan ssd sendiri tidak memiliki perangkat yang bergerak didalamnya, ini berbeda dengan hdd yang memiliki piringan yang berputar didalamnya, piringan ini juga dapat memanas seiring intensifitas dan waktu pemakaian hdd tersebut, piringan tersebut juga bisa rusak ataupun tergores yang menyebabkan hdd tersebut tidak dapat dipakai lagi.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Kita

ssd juga termasuk sangat ringan, ini dikarenakan pemakaian chp dibandingkan dengan piringan, ssd sendiri memiliki berat yang hanya setengah dari hdd, dimana pada pengguna perangkat portable dapat lebih meringankan beban perangkatnya apabila kita membawanya. itulah kenapa ssd lebih baik daripada hdd itu sendiri.